• MAN 2 MALUKU TENGAH
  • Unggul, Religius, Global

Visi dan Misi

A. VISI

Visi MAN 2 Maluku Tengah; Unggul, Religius, Global

Perkembangan Zaman yang Dinamis Dunia pendidikan saat ini mengalami transformasi yang sangat pesat. Perkembangan teknologi informasi, globalisasi, dan persaingan yang semakin ketat menuntut lulusan pendidikan yang tidak hanya memiliki pengetahuan akademik yang kuat, tetapi juga memiliki kompetensi yang relevan dengan kebutuhan pasar kerja masa depan. Selain itu, nilai-nilai keagamaan dan moralitas menjadi semakin penting dalam membentuk karakter generasi muda yang berkualitas.
Tantangan Pendidikan di Era Modern
Madrasah Aliyah Negeri 2 Maluku Tengah sebagai lembaga pendidikan Islam dituntut untuk mampu menjawab tantangan zaman. Di satu sisi, madrasah harus mampu menghasilkan lulusan yang unggul dalam bidang akademik dan memiliki daya saing global. Di sisi lain, madrasah juga harus tetap memegang teguh nilai-nilai keagamaan dan moralitas sebagai landasan dalam membentuk karakter siswa.

Visi Baru sebagai Respon terhadap Tantangan
Visi baru "Unggul, Religius, Global" merupakan refleksi dari upaya MAN 2 Maluku Tengah untuk menjawab tantangan zaman dan mempersiapkan lulusannya menjadi generasi emas yang mampu berkontribusi bagi bangsa dan agama. Visi ini mengandung makna bahwa madrasah berkomitmen untuk:

  • Unggul: Menghasilkan lulusan yang memiliki prestasi akademik yang tinggi, keterampilan yang relevan dengan dunia kerja, dan mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional.
  • Religius: Menanamkan nilai-nilai keagamaan yang kuat pada siswa, sehingga mereka menjadi pribadi yang berakhlak mulia dan bertanggung jawab.
  • Global: Mempersiapkan siswa untuk menjadi warga negara global yang memiliki wawasan luas, mampu beradaptasi dengan perubahan, dan siap menghadapi tantangan masa depan.

Indikator Keberhasilan:

Aspek Unggul
1. Prestasi Akademik:

  • Rata-rata nilai AKM setiap tahun mengalami peningkatan dan memenuhi kualifikasi nasional
  • Persentase siswa yang diterima di perguruan tinggi negeri (PTN) ternama meningkat signifikan.
  • Jumlah siswa yang meraih prestasi dalam olimpiade sains, matematika, dan bahasa atau KSM (kompetisi Sains Madrasah) meningkat setiap tahun, terutama pada mata pelajaran Matematika, Kimia, Ekonomi, dan Geografi tingkat Kabupaten, Provinsi, dan Nasional
  • Siswa aktif dalam mengikuti lomba-lomba akademik tingkat kabupaten, provinsi, nasional, bahkan internasional.
  • Tersedianya program pembimbingan khusus bagi siswa berprestasi
  • Menjadi pelopor dan juara kegiatan keagamaan, olahraga, kesenian (AKSIOMA) dan pendidikan tingkat Kabupaten, Provinsi, dan Nasional.

2. Keterampilan Abad 21:

  • Siswa mampu berpikir kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif.
  • Siswa terampil dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk belajar.
  • Siswa memiliki kemampuan memecahkan masalah yang kompleks.
  • Siswa dapat bekerja sama dalam tim yang heterogen.
  • Siswa memiliki jiwa kewirausahaan.


3. Pengembangan Diri:

  • Siswa aktif dalam berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan minat dan bakat.
  • Siswa memiliki minat baca yang tinggi.
  • Siswa memiliki kesadaran akan pentingnya kesehatan dan kebugaran jasmani.
  • Siswa mampu mengelola waktu dengan efektif.
  • Siswa memiliki sikap percaya diri dan optimis.

Aspek Religius

1.Akhlak Mulia:

  • Siswa mampu mengamalkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari.
  • Siswa bersikap jujur, amanah, dan bertanggung jawab.
  • Siswa saling menghormati dan menghargai perbedaan.
  • Siswa memiliki sikap toleransi terhadap sesama.
  • Siswa peduli terhadap lingkungan sekitar.

2. Pemahaman Agama:

  • Siswa memahami ajaran Islam secara komprehensif.
  • Siswa mampu mengamalkan ibadah dengan benar.
  • Siswa mampu menjelaskan dasar-dasar aqidah Islam.
  • Siswa mampu memahami kandungan Al-Qur'an dan hadis.
  • Siswa mampu berdakwah dengan metode/cara adaptif yang santun dan beradab.

3.Kegiatan Keagamaan:

  • Siswa aktif dalam kegiatan keagamaan di madrasah dan masyarakat.
  • Siswa memiliki kemampuan memimpin shalat berjamaah.
  • Siswa mampu menghafal Al-Qur'an.
  • Siswa mengikuti kajian-kajian Islam secara rutin.
  • Siswa terlibat dalam kegiatan sosial keagamaan.

5. Aspek Global
1.Wawasan Global:

  • Siswa memiliki pengetahuan tentang berbagai budaya dan peradaban dunia.
  • Siswa mengikuti perkembangan isu-isu global.
  • Siswa mampu berbahasa asing (minimal bahasa Arab atau Inggris).
  • Siswa memiliki minat terhadap studi lintas budaya.
  • Siswa mengikuti program pertukaran pelajar.

2. Kesiapan Menghadapi Masa Depan:

  • Siswa memiliki keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja masa depan.
  • Siswa mampu beradaptasi dengan perubahan yang cepat.
  • Siswa memiliki jiwa kepemimpinan.
  • Siswa memiliki kemampuan berpikir kritis dan inovatif.
  • Siswa memiliki kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan.


B. Misi MAN 2 Maluku Tengah

Berdasarkan Aspek Unggul:

  1. Meningkatkan kualitas pembelajaran: Melalui pengembangan kurikulum yang relevan, pemanfaatan teknologi pembelajaran, dan peningkatan kompetensi guru, rata-rata nilai ujian nasional siswa meningkat 5% setiap tahun.
  2. Membudayakan budaya literasi: Melalui program membaca intensif, pengembangan perpustakaan, dan lomba karya tulis, rata-rata jumlah buku yang dibaca siswa per tahun meningkat 10%.
  3. Mengembangkan bakat dan minat siswa: Melalui berbagai kegiatan ekstrakurikuler, minimal 80% siswa aktif dalam satu atau lebih kegiatan ekstrakurikuler yang diminati.
  4. Meningkatkan partisipasi siswa dalam olimpiade dan kompetisi: Setiap tahun, minimal 20% siswa mengikuti olimpiade sains, matematika, atau bahasa tingkat kabupaten/provinsi.
  5. Membentuk karakter siswa yang mandiri: Melalui program pengembangan diri, 90% siswa mampu mengambil keputusan secara mandiri dan bertanggung jawab.
  6. Meningkatkan kerjasama dengan perguruan tinggi: Melalui program magang, kuliah tamu, dan kerjasama penelitian, minimal 50% lulusan diterima di perguruan tinggi negeri favorit.
  7. Mengembangkan pusat sumber belajar: Melalui pengadaan fasilitas dan sumber belajar yang memadai, pusat sumber belajar menjadi pusat kegiatan belajar yang aktif dan menarik.
  8. Meningkatkan penggunaan TIK dalam pembelajaran: Melalui pelatihan guru dan penyediaan sarana TIK, 100% guru mengintegrasikan TIK dalam proses pembelajaran.
  9. Mengembangkan program bimbingan konseling: Melalui program bimbingan konseling yang intensif, 95% siswa merasa terbantu dalam mengatasi masalah akademik dan pribadi.
  10. Meningkatkan kerjasama dengan industri: Melalui program kunjungan industri dan magang, 80% siswa memiliki gambaran yang jelas tentang dunia kerja.

Berdasarkan Aspek Religius:

  1. Membudayakan shalat berjamaah: Melalui pembinaan shalat berjamaah, 100% siswa melaksanakan shalat fardhu berjamaah di sekolah.
  2. Meningkatkan pemahaman Al-Qur’an: Melalui program tadarus dan tahfidz, minimal 50% siswa mampu menghafal 3 juz Al-Qur’an.
  3. Membina akhlak mulia: Melalui program pembinaan akhlak, 90% siswa mampu mempraktikkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari.
  4. Meningkatkan partisipasi dalam kegiatan keagamaan: Melalui berbagai kegiatan keagamaan, 80% siswa aktif dalam kegiatan keagamaan di sekolah dan masyarakat.
  5. Membentuk karakter yang toleran: Melalui kegiatan lintas agama dan dialog antaragama, siswa mampu menghargai perbedaan agama dan keyakinan.
  6. Meningkatkan kesadaran sosial: Melalui kegiatan sosial, 70% siswa terlibat dalam kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat.
  7. Mengembangkan program keagamaan ekstrakurikuler: Melalui berbagai kegiatan keagamaan ekstrakurikuler, minat siswa terhadap kegiatan keagamaan meningkat.
  8. Membentuk pengurus organisasi siswa intra sekolah (OSIS) yang religius: Melalui pemilihan dan pembinaan pengurus OSIS, OSIS menjadi wadah pengembangan siswa yang religius dan bertanggung jawab.
  9. Meningkatkan kerjasama dengan lembaga keagamaan: Melalui kerjasama dengan lembaga keagamaan, madrasah dapat memperoleh dukungan dalam pengembangan program keagamaan.
  10. Menyelenggarakan kegiatan keagamaan besar secara rutin: Melalui penyelenggaraan kegiatan keagamaan besar seperti perayaan hari besar Islam, madrasah menjadi pusat kegiatan keagamaan di masyarakat.

Berdasarkan Aspek Global:

  1. Meningkatkan kemampuan berbahasa asing: Melalui program pembelajaran bahasa asing yang intensif, 80% siswa mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris dengan baik.
  2. Memperluas wawasan global: Melalui program pertukaran pelajar, kunjungan ke luar negeri, dan pemanfaatan teknologi informasi, siswa memiliki wawasan yang luas tentang dunia.
  3. Mengembangkan sikap terbuka terhadap budaya lain: Melalui kegiatan lintas budaya, siswa mampu menghargai keberagaman budaya.
  4. Meningkatkan kesadaran akan isu-isu global: Melalui diskusi dan seminar tentang isu-isu global, siswa memiliki pemahaman yang baik tentang masalah-masalah dunia.
  5. Membekali siswa dengan keterampilan abad 21: Melalui program pengembangan keterampilan abad 21, siswa mampu berpikir kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif.
  6. Meningkatkan kerjasama dengan sekolah internasional: Melalui program kerjasama dengan sekolah internasional, siswa dapat belajar dari pengalaman siswa di negara lain.
  7. Mengembangkan program studi banding: Melalui program studi banding ke sekolah-sekolah unggulan, guru dan siswa dapat belajar dari praktik terbaik.
  8. Menyelenggarakan kegiatan internasional: Melalui penyelenggaraan kegiatan internasional, madrasah dapat memperkenalkan budaya Indonesia kepada dunia.
  9. Membekali siswa dengan kemampuan adaptasi: Melalui program pengembangan diri, siswa mampu beradaptasi dengan lingkungan yang baru dan berbeda.
  10. Meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan: Melalui program lingkungan hidup, siswa memiliki kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan dan berperan aktif dalam pelestarian lingkungan.

Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
PEMILIHAN MATA PELAJARAN SISWA KE FASE F TAHUN 2025

FORMULIR KUESIONER PEMILIHAN MATA PELAJARAN PILIHAN - MAN 2 MALUKU TENGAH TAHUN 2025-2026  

06/06/2025 20:30 WIB - Humas
SPMB_2025

INFO, bagi Calon Siswa baru Tahun Ajaran 2025/2026, Silahkan Melakukan Pendaftaran, melalui Sub Menu pada  Halaman Ini seperti Gambar berikut : Tampilan pada Gawai tipe Android, &

08/03/2025 13:32 WIB - Humas
Asrama Siswa

hallooo apa kabarmu

16/02/2025 15:17 WIB - Humas
Hasil Survey Kepuasan Layanan Madrasah

Hasil Survey Kepuasan Layanan Madrasah   akses lewat link berikut :Hasil Survey

15/12/2024 16:40 WIB - Humas
Pembangunan Zona Integritas

Pembangunan Zona Integritas  

15/12/2024 16:40 WIB - Humas